Langsung ke konten utama

Klepon Ubi Ungu Manis


Bahan-bahan
1.     200 gramubi ungu kukus
2.     200 gramtepung ketan putih
3.     50 gramgula merah disisir halus
4.     100 gramkelapa muda parut
5.     secukupnyaGaram
6.     100 mlair hangat
+
Langkah

  1. Kukus campuran parutan kelapa muda dgn sejumput garam, sisihkan dahulu. Haluskan ubi ungu yang telah dikukus matang. Sisihkan dahulu. Ambil sejumput garam dan larutkan ke dalam air hangat 25 ml, lalu masukan ke dalam tepung ketan dan aduk2 hingga merata.
  2. Masukan ubi ungu ke tepung ketan dan aduk merata sambil di tuang air hangat sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa dipulung. Ambil adonan setengah sendok, lalu isi adonan dengan gula merah, bentuk menjadi bulat, lakukan hingga adonan habis.
  3. Panaskan air sampai mendidih, dan masukkan adonan kue klepon yang sudah dibulatkan tadi ke dalamnya, tunggu sampai kue klepon matang dan mangambang. Angkat kue klepon dan tiriskan.
  4.  Klepon yang sudah ditiriskan tadi gulingan pada kukusan parutan kepala kukus, dan klepon ubi ungu sederhana siap untuk disantap.
by Bunda Atgaf +Cookpad Indonesia 


Postingan populer dari blog ini

Kue Sus Mini Krim Strawberry

Bahan-bahan 200 mlair 100 grammentega 1/2 sdtgaram 100 gramterigu segitiga biru 3 butirtelur 200 grambutter untuk isi 1 sachetsusu kental manis ( kalau suka manis bisa ditambahkan) 150 grgula halus pewarna kue pink essen strawberry Langkah Rebus air,mentega dan garam Kecilkan api kompor, lalu masukan terigu sedikit demi sedikit kedalam rebusan mentega.aduk sampai kalis. Biarkan adonan dingin kita buat dulu krim strawberry nya. Kocok butter, gula halus,susu kental manis putih sampai lembut.dalam hal ini,kalau anda merasa resep kurang manis atau terlalu manis,anda bisa mengira ngira dalam pemberian gula halusnya. beri essen strawberry dan pewarna pink secukupnya. Panaskan oven kira kira 180• C Siapkan mixer. kocok adonan terigu,masukan telur satu per satu. Masukan adonan ke plastik segitiga , dan spuit adonan ke atas loyang. Lalu panggang kira kira 40 menit. Perlu diingat, jangan membuka tutup oven agar kue tidak bantat.  ciri ciri kue sudah matang adal

RED VELVET BULL

Oatmeal Peanut Cookies

Bahan-bahan 150 gram tepung terigu 75 gram oat 75 gram kacang tanah 1 butir telur 75 gram mentega, lelehkan 75 gram gula pasir secukupnya garam Langkah Sangrai kacang tanah, kemudian haluskan dengan blender + Kocok telur, masukkan tepung, oat, gula, kacang tanah, garam dan terakhir mentega. Aduk rata, uleni sampai adonan tidak lengket + Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, pipihkan dan kemudian tekan-tekan dengan garpu + Olesi loyang dengan mentega, tata adonan yg sudah dicetak di atas loyang, kemudian panggang. Setelah matang, angkat dan masukkan dlm wadah tertutup agar tetap crunchy. Oatmeal peanut cookies siap disajikan ;) by Ayuharis @ +Cookpad Indonesia